Microsoft Windows, Linux dan Mac OS


Pada artikel ini saya akan beropini tentang sistem operasi (OS, OS dalam bahasa inggris) yang populer dipakai saat ini oleh masyarakat pengguna komputer. Ada tiga sistem operasi yang sering digunakan yaitu OS Windows dari produk Microsoft, OS Linux yang Open Source dan sistem operasi Macintosh (MacOS) yang ekslusif.

Guna menjelaskan sistem operasi yang paling disuka dan tidak, maka sebagai acuan, saya akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem operasi tersebut menurut pengetahuan saya.

Pada saat ini pengguna sistem operasi Windows adalah 90% , untuk MacOS sekitar 8% dan sisanya merupakan pengguna Linux atau Opensource. Alasan banyaknya yang menggunakan sistem operasi Windows munggkin karena pada awalnya sistem operasi ini lebih populer dipasaran kemudian disusul oleh adanya sistem operasi MacOS. Namun sistem operasi MacOS tidak memiliki banyak pengguna karena harganya yang lebih mahal daripada Windows. Sementara untuk Linux, merupakan sistem operasi Free dan OpenSource yang dapat diperoleh secara cuma-cuma. Free dalam arti disini bukan berarti gratis (kalo gratis nanti para penjual kaset software bakal rugi dong😀 ), tetapi bebas dimodifikasi dan didistribusikan kembali sesuai kebutuhan (Free License). Tidak seperti halnya sistem operasi komersial, Linux ini karena sifatnya yang opensource,maka dikembangkan oleh berbagai komunitas pecinta opensource dan telah menghasilkan beraneka jenis distro.

Microsoft Windows

Pada versi pertamanya yang dirilis pada tanggal 20 November 1985 dengan nama Windows 1.0 ini memiliki banyak kekurangan sehingga kurang populer dipasaran. Akan tetapi dengan memperluas kemampuan MS-DOS dan tambahan antarmuka grafis, Microsoft yakin sistem operasi ini akan menjadi sistem operasi yang  populer. Dibalik semua itu, karena hal tertentu Apple menuntut Microsoft sehingga membatasi kemampuan dalam mengembangkannya.

Tetapi seiring banyaknya pengguna komputer, pada tahun 1995 Microsoft merilis windows 95  yang memiliki kemampuan jauh dibanding versi sebelumnya, menjadikan Windows populer di masyarakat pengguna komputer. Hingga akhirnya, saat ini lahir Windows XP kemudian Windows Vista dan Windows Seven  yang menjadikan sistem operasi ini banyak digunakan.

Kelebihan :

– Banyaknya pengguna yang terbiasa menggunakan, lebih memudahkan untuk berbagi program dan aplikasi yang mendukung sistem operasi ini.

– Memiliki stabilitas tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.

– Fitur pengolahan file dan folder yang memudahkan pengguna.

– Banyak software GPL dan freeware yang ditawarkan untuk Windows.

– Perkembangan software yang cepat karena banyak perusahaan yang lebih memilih membuat software untuk Windows. Mungkin alasan ini terkait dengan banyaknya pengguna Windows.

– Jika terdapat permasalahan dengan sistem operasi ini lebih mudah untuk diselesaikan sendiri maupun dengan pengguna lain.

– Memiliki user interface yang friendly dan familiar.

Kekurangan :

– Memiliki banyak celah keamanan yang dapat ditembus, sehingga rentan terhadap virus, spyware, malware.

– Konfigurasi jaringan yang mudah sehingga tidak jarang menjadi target serangan para hacker.

– Terbentur dengan harga dan lisensi, sehingga membatasi para pengembang untuk memodifikasi sistem operasi ini. Selain itu banyaknya pengguna yang memilih Windows yang telah dibajak sebagai alternatif (sesuai fakta).

– Meskipun memiliki stabilitas tinggi, tetapi penanganan error dan crash (Error & Crash Handle) pada Windows masih kurang memuaskan. Tidak jarang jika suatu aplikasi/program yang telah terInstall tetapi mengalami kerusakan dapat berpengaruh terhadap kinerja Windows.

Linux

Linux memang merupakan sistem operasi yang free dan opensource, tetapi bukan berarti banyak yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna terutama masyarakat awam yang belum terbiasa atau belum mengerti mengoperasikan Linux. Bahkan ada beberapa yang belum atau tidak tahu sama sekali tentang sistem operasi Linux. Penyebab lain yang memungkinkan dalam hal ini karena pada awal kepopuleran komputer telah banyak yang berpikiran tentang Windows.

Kelebihan :

– Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan pada berbagai peralatan komputer pribadi, super komputer dan sistem benam (embedded system).

– Free dan opensource

– Lebih tahan terhadap serangan virus.

– Penanganan Error dan Crash yang baik.

– Mendukung fitur untuk kebutuhan jaringan yang lengkap.

– Dengan menggunakan virtual machine sehingga dapat menjalankan sistem operasi Windows diatas Linux.

– Lebih leluasa untuk dimodifikasi.

– Saat ini Linux mendukung 3D Graphical User Interface.

– Lebih ringan daripada Windows saat dijalankan.

Kekurangan :

– Belum banyak pengguna linux, menjadi lebih sulit untuk saling berbagi informasi bila ada permasalahan.

– Masih banyak pengguna yang belum terbiasa, biasanya pengguna yang menggunakan Windows pada sebelumnya.

– Masih banyak software yang tidak mendukung pada sistem operasi ini.

– Membingungkan pengguna untuk memilih karena banyaknya versi Linux.

Macintosh

Macintosh atau yang sering disebut Mac OSX adalah sistem operasi besutan Apple. Macintosh dikembangkan dari BSD yang merupakan salah satu turunan unix. OS ini juga memiliki GUI yang indah serta performa yang baik.

Kelebihan :

– Tampilan GUI yang indah dan ekslusif

– Memiliki stabilitas yang tinggi.

– Penanganan Error dan Crash yang baik.

– Fitur-fitur multimedia yang sangat menarik.

– Memiliki fitur fitur yang inovatif.

– Lebih tahan terhadap serangan virus.

– Dukungan vendor software komersial untuk Mac lebih baik dari pada linux.

– Dukungan produsen hardware terhadap Mac cukup baik.

Kekurangan :

– Harganya mahal dibandingkan yang lain.

– Banyak memakan tempat di memory (RAM) saat dijalankan.

Sistem operasi yang paling saya pakai sekarang ini masih tetap Microsoft Windows,meskipun sering terjadi error mungkin karena telah terbiasa maka penanganannya lebih mudah. Akan tetapi saya lebih menyukai Macintosh (Apple) namun karena terbentur budget sehingga tidak dapat memilikinya. Jika harus beralih ke Linux sepertinya belum siap karena banyak program dan aplikasi yang hanya berjalan di Windows yang sering digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Mohon maaf bila tulisan ini menyinggung pembaca sebagai salah satu dari pecinta sistem operasi diatas. Bila ada yang ingin menambahkan atau mengkritik silahkan tinggalkan komentar. Mari kita saling berbagi informasi. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Microsoft Windows, Linux dan Mac OS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s