Analisa Jaringan Menggunakan Ping dan Tracert Pada Windows


Ping

Ping bekerja dengan mengirimkan sebuah paket  data yang disebut dengan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request. Paket ICMP ini biasanya digunakan untuk mengirimkan informasi tentang kondisi  jaringan antara dua host (komputer).

Mekanisme kerja nya yaitu ketika melakukan ping terhadap situs target (objek) maka akan tampil pada layar hasil respon berupa informasi nomor IP dari mana ping memperoleh Echo Reply, waktu (dalam milisekon) yang diperlukan program ping mendapatkan balasan dan yang terakhir adalah Time To Live (TTL). Setelah proses ping berhenti maka akan ditampilkan summary dari dari keseluruhan paket data yang telah dikimkan. Pada summary tersebut menampilkan beberapa informasi yaitu perhitungan paket data yang telah dikirim, telah diterima oleh target dan perhitungan data yang hilang ditengah jalan. Selain itu juga menampilkan waktu respon minimum, maksimum, dan rata-rata.

Proses ping hanya akan mendapat respon setiap 1 detik. Informasi waktu yang diberikan oleh ping adalah waktu perjalanan pulang pergi ke remote host yang diperlukan oleh satu paket. Satuan yang dipakai adalah mili detik, semakin kecil angka yang dihasilkan, berarti semakin baik cepat koneksinya. Setiap paket data yang dikirimkan melalui jaringan memiliki informasi yang disebut TTL, biasanya TTL ini diisi dengan angka yang relatif tinggi, (paket ping pada MS-DOS memiliki TTL 64).  Dengan informasi ini dapat diketahui kira-kira berapa router yang dilewati oleh paket tersebut, dalam hal ini 64 dikurangi dengan N, dimana N adalah TTL pada Echo Reply. Selain itu dapat diketahui juga bila terjadi data yang hilang pada urutan router yang dilalui.

Tracert

Tracert singkatan dari traceroute, yaitu tool untuk menampilkan jalur atau routing perjalanan packet komunikasi antara komputer dengan komputer (server) lain. Tool ini akan menampilkan jumlah hop (router)yang dilalui ketika menuju server target.

Untuk lebih jelas tentang hasil analisa, silahkan download file dibawah ini :

Analisa Jaringan Menggunakan Ping dan Tracert

Konsep Jaringan Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s